Cara Mendapatkan Jurnal Internasional di Indonesia: Tips dan Trik

Mendapatkan publikasi jurnal internasional merupakan impian bagi banyak peneliti di Indonesia. Jurnal internasional dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi peneliti, serta memberikan pengakuan dalam komunitas akademik internasional. Namun, mendapatkan jurnal internasional tidaklah mudah, terutama bagi peneliti baru atau yang belum mempunyai pengalaman dalam dunia penelitian. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan tips dan trik tentang cara mendapatkan jurnal internasional di Indonesia.

Memahami Jurnal Internasional

Sebelum memulai proses mencari jurnal internasional yang cocok, penting untuk memahami apa itu jurnal internasional. Sebuah jurnal internasional adalah publikasi ilmiah yang dikhususkan untuk mengeluarkan artikel-artikel hasil penelitian dari berbagai disiplin ilmu, dengan tujuan untuk berbagi pengetahuan dan informasi antar peneliti dari berbagai negara. Jurnal internasional umumnya memiliki proses review dan seleksi yang ketat, dan hanya menerima artikel-artikel berkualitas tinggi yang sesuai dengan bidang jurnal tersebut.

Mencari Jurnal Internasional yang Sesuai

Langkah pertama untuk mendapatkan jurnal internasional adalah mencari jurnal yang sesuai dengan topik penelitian. Ada banyak jurnal internasional yang tersedia di berbagai bidang, sehingga tidak sulit untuk menemukan jurnal yang cocok. Beberapa cara untuk mencari jurnal yang sesuai antara lain:

1. Memanfaatkan mesin pencari online seperti Google Scholar atau Scopus.
2. Bertanya kepada kolega atau supervisor yang terkait dengan bidang penelitian.
3. Menghadiri konferensi atau seminar internasional dan bertemu dengan peneliti dari berbagai negara.
4. Mengakses database jurnal di perpustakaan universitas atau institusi penelitian.

Setelah menemukan jurnal yang sesuai, pastikan untuk membaca pedoman penulisan dan persyaratan lainnya yang diberikan oleh jurnal tersebut. Hal ini akan membantu peneliti untuk mempersiapkan artikel yang sesuai dengan standar jurnal internasional.

Mengajukan Artikel ke Jurnal Internasional

Setelah menemukan jurnal yang cocok, langkah selanjutnya adalah mengajukan artikel penelitian ke jurnal tersebut. Proses pengajuan artikel penelitian umumnya melalui sistem online atau email yang disediakan oleh jurnal. Beberapa perusahaan penerbitan jurnal juga menyediakan platform khusus untuk mengelola dan memonitor proses pengajuan artikel.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengajukan artikel ke jurnal internasional:

1. Pastikan untuk memahami persyaratan dan pedoman penulisan yang diberikan oleh jurnal, termasuk format artikel, jumlah kata, dan gaya penulisan.
2. Pastikan artikel sesuai dengan topik jurnal, dan menjawab pertanyaan riset yang diajukan.
3. Berikan hasil penelitian yang jelas dan relevan, serta pembahasan yang terperinci.
4. Pastikan untuk menyertakan referensi yang relevan dan up-to-date.
5. Hindari plagiarisme dan berikan pengakuan yang tepat kepada penelitian terdahulu yang serupa dalam daftar referensi.
6. Periksa tata bahasa, gaya penulisan, dan format artikel secara keseluruhan sebelum mengajukan artikel.

Frequently Asked Questions

1. Apakah semua jurnal internasional terindeks di Scopus?

Tidak semua jurnal internasional terindeks di Scopus. Scopus hanya mengindeks jurnal-jurnal yang sudah terverifikasi dari berbagai negara dan dalam berbagai bidang disiplin ilmu. Namun, tidak semua jurnal masuk dalam indeks Scopus karena terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

2. Apakah penting untuk memilih jurnal dengan faktor dampak yang tinggi?

Faktor dampak dapat menjadi salah satu faktor penting dalam memilih jurnal, namun bukan satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan. Faktor dampak mencerminkan pengaruh jurnal dalam komunitas akademik, namun tidak selalu berkorelasi dengan kualitas artikel. Selain itu, terdapat juga jurnal-jurnal yang berfaktor dampak rendah namun tetap diakui dan diikutsertakan dalam daftar jurnal internasional terindeks.

3. Apakah artikel yang ditolak di jurnal tertentu bisa diajukan ke jurnal lain?

Ya, artikel yang ditolak di jurnal tertentu bisa diajukan ke jurnal lain. Namun, pastikan untuk melakukan revisi dan perbaikan sebelum mengajukan artikel ke jurnal lainnya. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan pengakuan yang tepat kepada jurnal sebelumnya. Jangan mengajukan artikel yang sama ke beberapa jurnal dalam waktu yang bersamaan.

4. Bagaimana cara meningkatkan peluang artikel diterima di jurnal internasional?

Beberapa cara yang dapat meningkatkan peluang artikel diterima di jurnal internasional antara lain:

1. Membuat artikel sesuai dengan pedoman penulisan yang diberikan oleh jurnal.
2. Mempresentasikan hasil penelitian dengan jelas dan relevan.
3. Menyajikan hasil penelitian yang baru dan orisinal.
4. Menyertakan referensi yang relevan dan up-to-date dalam artikel.
5. Berpartisipasi dalam konferensi atau seminar internasional dan bermusyawarah dengan para peneliti lainnya.

5. Apa yang harus dilakukan jika artikel diterima di jurnal internasional?

Jika artikel diterima di jurnal internasional, pastikan untuk segera menghubungi tim editor jurnal tersebut dan melakukan persiapan artikel untuk dipublikasikan. Artikel yang akan dipublikasikan umumnya melalui proses revisi dan penyuntingan oleh para editor jurnal. Setelah artikel dipublikasikan, pastikan untuk memberikan pengakuan yang tepat kepada jurnal tersebut dalam semua materi yang memuat artikel tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips dan trik tentang cara mendapatkan jurnal internasional di Indonesia. Memperoleh jurnal internasional memang memerlukan usaha dan kesabaran, namun dengan persiapan yang baik dan peningkatan keterampilan akademik, peluang untuk mendapatkan jurnal internasional semakin besar. Jangan lupa pula untuk mematuhi etika akademik dan menaati aturan jurnal internasional yang ada untuk meningkatkan kredibilitas penelitian dan meningkatkan reputasi akademik secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Cara Mendapatkan Money Amulet Asli di Indonesia
Next post Cara Mendapatkan Impoin Indosat Gratis 2023