Cara Mendapatkan Nomor EFIN Secara Online

Bagi wajib pajak yang ingin melaporkan SPT tahunan, maka harus mempunyai nomor EFIN (Electronic Filing Identification Number). Namun, jika belum mempunyai nomor EFIN, kamu dapat mengajukan secara online dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mendapatkan Nomor EFIN Secara Online

Langkah-langkah untuk mendapatkan nomor EFIN secara online terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan dengan mengunjungi website yang tersedia untuk mengakses layanan perpajakan online. Berikut beberapa langkah yang harus kamu ikuti:

  • Buka halaman https://www.efiling.pajak.go.id/espt/
  • Pilih menu EFIN yang terdapat pada bagian paling atas halaman
  • Pilih menu EFIN baru jika kamu belum punya nomor EFIN
  • Isilah data yang diperlukan seperti NIK, Nama lengkap, Alamat, jenis identitas (KTP/SIM/Passport), nomor identitas, jenis kelamin, nama ibu kandung, dan tempat & tanggal lahir
  • Jika sudah selesai, klik Lanjutkan dan kamu akan mendapatkan notifikasi nomor EFIN.

Setelah mendapatkan nomor EFIN, kamu sudah bisa melakukan aktivitas perpajakan termasuk melaporkan SPT secara online.

Frequently Asked Questions

Apa itu nomor EFIN?

Nomor EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identifikasi yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) khusus untuk wajib pajak yang akan melaporkan SPT secara elektronik. Nomor EFIN berguna sebagai bukti pelaporan SPT yang telah disahkan oleh DJP.

Apa saja persyaratan untuk mengajukan nomor EFIN secara online?

Persyaratan utama untuk mengajukan nomor EFIN online antara lain:

  • Memiliki nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki alamat email yang valid
  • Memiliki alamat tempat tinggal yang tetap
  • Memiliki alat komunikasi baik HP maupun laptop/PC dengan akses internet yang stabil

Apakah ada sanksi jika lupa atau kehilangan nomor EFIN?

Jika kamu lupa atau kehilangan nomor EFIN, maka bisa meminta kembali nomornya dengan melakukan reset password melalui email yang telah terdaftar. Namun, jika kamu lupa username dan password yang digunakan untuk login, maka dapat melakukan reset password dengan memasukkan data pribadi dan nomor NPWP. Namun, jika kamu mengalami kesulitan dalam melakukan proses reset password, kamu bisa menghubungi call center Direktorat Jenderal Pajak di nomor 1500200.

Apakah nomor EFIN berlaku seumur hidup?

Tidak, nomor EFIN yang diberikan bersifat sementara dan memiliki masa berlaku tertentu. Masa berlaku nomor EFIN ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak dan biasanya berkisar antara 5-10 tahun tergantung kebijakan DJP. Oleh karena itu, kamu harus memperbarui nomor EFIN setelah masa berlakunya habis atau jika terjadi perubahan data pribadi seperti alamat atau data keluarga yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak.

Apakah nomor EFIN hanya berlaku di satu tempat atau wilayah saja?

Tidak, nomor EFIN bersifat universal dan bisa digunakan oleh seluruh Wajib Pajak di wilayah Indonesia. Namun, nomor EFIN hanya bisa digunakan oleh satu orang dan tidak bisa digunakan oleh orang lain. Apabila kamu mempunyai perusahaan maka dibutuhkan nomor EFIN yang berbeda untuk setiap perusahaan yang kamu miliki.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara mendapatkan nomor EFIN secara online. Langkah-langkah yang dijelaskan di atas cukup mudah untuk diikuti sehingga kamu dapat dengan cepat mendapatkan nomor EFIN secara online. Dengan memiliki nomor EFIN, kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke Kantor Pajak hanya untuk membuat nomor EFIN. Selain itu, kamu juga bisa lebih cepat dan mudah dalam melaporkan SPT secara online kapan saja dan di mana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Cara Mendapatkan Nomor EFIN di Indonesia
Next post Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Indonesia: Tips dan Trik yang Efektif